Kamis, 26 Januari 2012

silabus 12 SMAN 27 Garut

SILABUS

Nama Sekolah    : SMA Negeri 27 Garut
Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas                   : XII
Semester            : 1
Standar  Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Berbicara
2.   Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi




2.1   Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi






Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·   ungkapan persetujuan atau penolakan
·   penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula, dll.



·   Melaksanakan diskusi
·   Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
·   Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat dalam diskusi dengan alasan yang logis
·    Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara


·   Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
·   Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
·   Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara



Jenis Tagihan:
·   praktik
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan



4 x 45 menit






·   buku yang terkait dengan diskusi
·   tuturan langsung



Membaca
3.   Memahami  artikel dan teks pidato



3.1   Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif

       


Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
·       ide pokok
·       Masalah dalam artikel
·       rangkuman artikel
·       kalimat majemuk
·       pola kalimat



·   Membaca artikel
·   Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Merangkum isi seluruh artikel
·   Mencari permasalahan dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk


·   Menemukan ide pokok  tiap paragraf
·   Menemukan kalimat pendukung ide pokok
·   Menemukan masalah dalam artikel
·   Membahas ide pokok dan
·   rangkuman isi artikel yang telah dibuat
·   Mengidentifikasi kalimat majemuk



Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


2 x 45 menit


·   artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik
·   buku-buku penunjang

Menulis
4.   Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 


4.3   Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir


Contoh laporan diskusi
·   unsur-unsur laporan diskusi


·   Membaca contoh laporan diskusi
·   Mengidentifikasi unsur-unsur yang  terdapat dalam laporan hasil diskusi
·   Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·   Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar hadir peserta)
·   Mendiskusikan laporan diskusi

·   Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
·   Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
·   Melengkapi laporan dengan lampiran

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda

2 x 45 menit

·   laporan diskusi
Berbicara
2.   Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi


2.2   Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi


Buku nonfiksi
·   intisari buku
·   penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
·   hal-hal yang menarik dalam buku
·   memberikan komentar

·   Membaca buku nonfiksi *
·   Menulis intisari buku
·   Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

·   Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi
·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   laporan

·   Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan

2 x 45 menit

·   buku nonfiksi
·   tuturan langsung
Menulis
4.   Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 


4.4   Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

Resensi buku pengetahuan
·   unsur-unsur resensi antara lain:
-   identitas buku
-   isi yang penting/menarik
-   bahasa pengarang
-   keunggulan
-   kelemahan
-   kesimpulan


·   Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)
·   Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
-   identitas buku
-   isi yang penting/menarik
-   bahasa pengarang
-   keunggulan
-   kelemahan
-   kesimpulan
·   Mendiskusikan kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman

·   Mencatat identitas buku
·   Mendaftar pokok-pokok isi
·   Mencatat keunggulan dari isi buku
·   Mencatat kekurangan dari isi buku
·   Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
·   Mendiskusikan resensi yang telah dibuat



Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·                     uraian bebas
·                     pilihan ganda


4 x 45 menit

·   buku yang terkait dengan resensi

Mendengarkan
1.   Memahami
     informasi dari  
     berbagai
     laporan



1.1   Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan



Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler
·   laporan perjalanan


·   Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·   Mencatat pokok-pokok isi laporan
·   Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·   Menentukan kalimat yang berupa fakta
·   Menentukan kalimat yang berupa opini



·   Mencatat pokok-pokok isi laporan
·   Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)
·   Menentukan kalimat yang berupa fakta
·   Menentukan kalimat yang berupa opini



Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   laporan
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat



2 x 45 menit


·   teks laporan dari media cetak/ elektronik
·   laporan kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat


1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran

Laporan
·   laporan kegiatan OSIS
·   laporan kegiatan ekstrakurikuler

·   Mendengarkan laporan dari suatu kegiatan
·   Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis
·   Memberikan saran untuk perbaikan laporan

·   Mengemukakan kritik terhadap  isi laporan
·   Memberikan saran untuk  perbaikan laporan

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan

2 x 45 menit

·   eks laporan dari media cetak/ elektronik
·   laporan kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat

Menulis
4.   Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 


4.1   Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur


Contoh surat lamaran
·   unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
·   struktur surat lamaran pekerjaan
·   penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
·   penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan

·   Membaca contoh surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·   Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan
·   Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri
·   Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, penggunaan  EYD

·   Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan   
·   Menyusun surat lamaran  pekerjaan
·   Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   ulangan
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


2 x 45 menit






·   buku yang berhubungan dengan surat-menyurat
Membaca
3.   Memahami artikel dan teks pidato

3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

Naskah pidato
·   Cara membacakan naskah pidato
·   Cara menanggapi pembacaan teks pidato


·    Menandai bagian-bagian informasi penting dan bagian informasi pendukung 
·    Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat
·    Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan teman


·    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting 
·    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
·    Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
·    Menanggapi pembacaan teks pidato

Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
·   pilihan ganda
·   uraian bebas

4 x 45 menit

·   teks pidato dari internet/buku-buku penunjang
 

Menulis
4.   Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 



4.2   Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku



Contoh surat dinas
·   unsur-unsur surat dinas
·   struktur surat dinas
·   penggunaan bahasa dalam surat dinas
·   penggunaan EYD dalam penulisansurat lamaran pekerjan


·   Membaca contoh surat dinas
·   Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (undangan rapat)
·   Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·   Menulis surat undangan rapat kedinasan
·   Menyunting surat undangan rapat dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa



·   Mengidentifikasi struktur  surat  dinas
·   Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat
·   Menulis surat undangan
·   Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,
    dan bahasa


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tes tertulis

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


2 x 45 menit


·   buku tentang surat-menyurat
Mendengarkan
5.   Memahami pembacaan  novel 

5.1   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan 


Penggalan novel
·   penangapan segi vokal
·   intonasi
·   Penghayatan


·   Mendengarkan pembacaan penggalan novel
·   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan


·   Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·   performansi
·   format pengamatan

4 x 45 menit




·   buku novel
·   media setempat
·   buku-buku penunjang



5.2   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   

·     Penggalan novel
·     Usur-unsur intrinsik

·   Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan novel  yang dibacakan teman
·   Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel

·   Menjelaskan unsur-unsur-unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4 x 45 menit

·   buku novel
·   media setempat
·   buku-buku penunjang
Berbicara
6.   Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi

6.1   Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat





·   puisi lama (pantun)
·   penanggapan pembacaan puisi dari segi:
-   lafal
-   intonasi
-   ekspresi





·   Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·    Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·   Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari teman atau guru

·   Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·    Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·   Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari

Jenis Tagihan:
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan





4 X 45 menit











·   buku kumpulan puisi lama











6.2   Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·   Puisi baru
·   Mengomentari pembacaan puisi dari segi:
-   lafal
-   intonasi
-   ekspresi

·   Membaca dan manandai jeda pada puisi yang dibacakan
·   Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai  Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari teman atau guru
·   Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
·   Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
·   Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan
4 X 45 menit

·   buku kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik
Membaca
7.   Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen


7.1   Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai


Puisi karya sendiri :
·   tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·   cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·   makna puisi


·   Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah)
·   Menandai jeda puisi karya sendiri
·   Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
·   lafal dan intonasi
·   penghayatan
·   mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·   Menentukan makna puisi karya teman
·   Mengomentari puisi karya teman


·   Menandai jeda puisi karya sendiri
·   Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
-   lafal dan intonasi
-   penghayatan
-   mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
·   Menentukan makna puisi karya teman
·   Mengomentari puisi karya teman

Jenis Tagihan
·   tugas individu

Bentuk Instrumen
·   unjuk kerja
·   pilihan ganda

2 x 45 menit


·   puisi karya sendiri










7.2   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen    
·   Cerpen
·   Unsur-unsur intrinsik cerpen :
-   tema,
-   latar,
-   alur,
-   penokohan/pesan


·   Membaca cerpen
·   Menceritakan kembali isi cerpen
·   Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya, tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)   dengan data yang mendukung
·   Mendiskusikan  unsur-unsur intrinsik cerpen
·    Menceritakan kembali isi cerpen
·    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Jenis Tagihan
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
4 x 45 menit

·   kumpulan cerpen
·   media cetak/ internet
·   tape/ kaset
Menulis
8.   Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dsn cerpen

8.1   Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi


·   buku kumpulan cerpen
·   unsur-unsur resensi
·   identitas buku
·   kepengarangan
·   kekurangan dan   kelebihan isi buku
·   bahasa pengarang, dll



·   Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah setempat)
·   Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:
-   identitas buku
-   kepengarangan
-   kekurangan dan kelebihan isi buku
-   bahasa pengarang, dll
·   mendiskusikan resensi yang telah dibuat

·   Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
·   Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


4 x 45 menit


·   buku kumpulan cerpen


8.2   Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)

·   topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·   unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)

·   Menentukan topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah setempat)
·   Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan
·   unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
·   Menanggapi cerpen yang ditulis teman

·   Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·   Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen
·   Menanggapi cerpen yang ditulis teman

Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·   tugas kelompok
·    ulangan


Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas


4 x 45 menit


·   buku yang terkait dengan menulis cerpen



    Cibalong, Juli  2011

  Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran
  Kepala  Sekolah





Drs. Juanda                                                                                                                                                                                                                                              Asmas Iman Hadimanto, S.Pd.                                                                                                                                                                                                                  
NIP 19580501 198603 1012


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Negeri 27 Garut
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas                       : XII
Semester                : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat

Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/ proposal dan  pidato tanpa teks






10.1   Mempresentasi-kan program kegiatan/proposal 







Program kegiatan/ proposal
·   berpresentasi
·   diskusi dengan
     santun berdiskusi






·   Menyusun program kegiatan/ proposal (di rumah)
·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
·   Mendengarkan informasi secara langsung *



·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
·   Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung



Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·    tugas individu

Bentuk instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan






4 x 45 menit







·  buku yang terkait dengan proposal




Mendengarkan
9.     Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan



9.1     Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   



Informasi secara langsung
·   pokok-pokok isi informasi
·   cara mengajukan saran
·   ringkasan isi informasi



·   Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·   Menulis ringkasan isi informasi




·   Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·   Menulis ringkasan isi informasi


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   kelompok
·   praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   unjuk krja
·   format pengamatan



4 x 45 menit


·   informasi secara langsung

9.2     Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Rekaman informasi
·   pokok-pokok isi informasi
·   cara mengajukan saran
·   ringkasan isi informasi

·   Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
·   Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·   Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
·   Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·   Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·   Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    praktik

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   unjuk kerja
·   format pengamatan

4 x 45 menit
·   rekaman informasi dari radio/ televisi

Berbicara
10.   Mengungkap-kan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks



10.2   Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat


Ide pidato dengan tema tertentu
·   cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat



·   Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·   Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·   Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·   Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman


·   Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·   Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·   Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·   Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman



Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan


6 x 45 menit


·   buku yang terkait dengan pidato
Membaca
11.   Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif



11.2   Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  


·   Teks yang berpola induktif dan deduktif
·   ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·   kalimat simpulan


·   Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel



·   Menemukan paragraf yang berpola induktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
·   Menemukan paragraf yang berpola deduktif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


4 x 45 menit





·   teks dari media cetak/ elektronik



Menulis
12. Mengungkap-kan pikiran,  pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan  berpola


12.1   Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 



Karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatikan:
·   ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
·   penggunaan bahasa


·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
·   Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif


·   Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
·   Menyunting karangan berpola deduktif induktif



Jenis Tagihan:
tugas individu
tugas kelompok
ulangan

Bentuk instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda



4 x 45 menit


·   teks dari media cetak/ elektronik

Membaca
11.   Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif


11.1   Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit

Teks 900 – 1050 kata)
·   teknik membaca cepat
·   rumus membaca cepat

·   Membaca teks
·   Menemukan ide pokok
·   Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 


·   Menemukan ide pokok
·   Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia



Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


2 x 45 menit

·   artikel/ berita dari media cetak/ elektronik

Menulis
12.   Mengungkap- kan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
    


12.2   Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup


Esai
·                      Ciri  esai


·   Membaca contoh esai
·   Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·   Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca


·    Menentukan topik untuk menulis esai
·    Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·    Menyusun paragraf pembukaan
·    Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·    Menyusun paragraf penutup
·    Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·   uraian bebas



6 x 45 menit


·   contoh esai dari media cetak/ elektronik
·   buku  Eyd

Mendengarkan
13.   Memahami pembacaan teks drama


13.1   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     
  


Teks drama
·   unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)



·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Melaporkan hail diskusi


·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar



Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat


6 x 45 menit



·   buku kumpulan drama





13.2   Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 

Teks drama
·    simpulan isi drama


·    Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·    Mendiskusikan simpulan isi teks drama


·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Menyampaikan simpulan isi teks drama
·   Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan


Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda 
·   unjuk kerja
·   format pengamatan


4 x 45 menit

·    buku kumpulan drama
Berbicara
14.   Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

14.1   Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  


Teks gurindam
·   ciri-ciri gurindam
·   nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)

·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar


·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·    tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   Unjuk kerja
·   format pengamatan

4 x 45 menit

·   buku yang terkait dengan puisi lama

14.2   Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Teks gurindam
·   pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

Jenis Tagihan:
·   tugas kelompok
·   tugas individu

Bentuk Instrumen:
·   unjuk kerja
·   format pengamatan

2 x 45 menit
·   buku yang terkait dengan puisi lama
·   buku yang terkait dengan puisi lama
Membaca
15.   Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode


15.1   Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer

Kumpulan puisi kontemporer
·   ciri-ciri puisi kontemporer
·   tema puisi kontemporer
·   bentuk puisi kontemporer
·   diksi


·   Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Sepisaupi karya Sutarji C.B.,)
·   Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·   Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi

·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer



Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat

4 x 45 menit

·    buku yang terkait dengan puisi kontem-porer


15.2   Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   


Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode


·   Membaca karya sastra dari tiap periode                
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 

·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   


Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·   tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·    jawaban singkat

4 x 45 menit

·   buku yang terkait dengan materi
·   karya sastra setiap periode
Menulis
16.   Mengungkap-kan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai


16.1   Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai



Kritik dan esai
·   ciri-ciri kritik dan esai
·   prinsip penulisan kritik dan esai

·   Membaca kritik dan esai
·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra


·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra


Jenis Tagihan:
·   tugas Individu
·    tugas kelompok
·   ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda


4 x 45 menit

·   buku yang terkait dengan kritik sastra
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai

16.2   Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·   cara menulis kritik dan esai

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas

6 x 45 menit
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
·   buku EyD
   Cibalong,    Juli  2011
  Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                         Guru Mata Pelajaran
    Kepala  Sekolah



Drs.  Juanda                                                                                                                                                                                                                                              Asmas Iman Hadimanto, S.Pd
NIP. 19580501 198603 1 012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar