Loading...

Kamis, 02 Februari 2012

PROPOSAL DAN LAPORAN


PROPOSAL DAN LAPORAN

A.    PROPOSAL
1.      Pengertian
Proposal merupakan suatu program kegiatan yang sifatnya sebagai usulan. Proposal merupakan usulan tertulis untuk melakukan suatu kegiatan yang ditujukan kepada pihak tertentu.
2.      Syarat-syarat Penyusunan Proposal
Agar usulan kegiatan diterima donator, proposal yagn kita susun itu harus memenuhi persyaratan berikut.
1.      Memiliki struktur dan logika yang jelas. Hindarilah kata-kata seperti mungkin, sebaiknya, ataupun kata-kata lainnya yang menunjukkan sikap ragu-ragu. Untuk itu, gunakanlah kata-kata harus, akam dan kata-kata lainnya yang bersifat meyakinkan
2.      Hasil kegiatan itu harus terukur. Gunakan angka-angka yang pasti dan bukan perkiraan
3.      Rumuskanlah jenis kegiatan secara jelas, inovatif, dan terperinci dan yang betul-betul dapat dikuasai atau dikerjakan
4.      Hubungan kegiatan dengan dana yang diperlukan harus rasional, tidak mengada-ada
3.      Sistematika Proposal
Sistematika ataupun unsur-unsur dalam proposal berbeda-beda. Hal tersebut bergantung –pada jenis kegiatannya.
a.       Proposal penelitian
Berikut sistematika proposal untuk penelitian
1)      Latar belakang masalah
Pembahasan dalam latar belakang masalah ini bermaksud membeberkan tentang alasan munculnya masalah yang diteliti atau penting dilihat dari segi profesi peneliti, pengembangan ilmu, atau kepentingan pembangunan. Hal yang perlu disajikan dalam latar belakang masalah adalah apa yang membuat peneliti merasa gelisah atau resah sekiranya masalah tersebut tidak diteliti. Dalam latar belakang masalah sebaiknya diungkapkan gejala-gejala kesenjangan yang terdapat di lapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan permasalahan. Ada baiknya jika diutarakan kerugian-kerugian apa yang akan diderita apabila masalah tersebut dibiarkan tidak diteliti dan keuntungan-keuntungan apa yang kiranya akan diperoleh apabila masalah tersebut diteliti.
2)      Perumusan masalah
Merumuskan masalah merupakan pekerjaan yang sukar bagi setiap peneliti. Yang dapat menolong kita keluar dari kesulitam merumuskan judul dan masalah adalah pengetahuan yang luar dan terpadu mengenai teori-teori dan hasil-hasil penelitian para pakar terdahulu dalam bidang-bidang terkait dengan masalah yang akan diteliti. Dalam merumuskan dan analisis masalah ini sekaligus juga dilakukan identifikasi variable-variabel yang dilibatkan dalam penelitian beserta definisi operasional dari setiap variabel. Untuk mempermudah perumusan masalah maka rumusan masalah dapat dinyatakan dalam bentuk kalimat bertanya. Namun apabila mampu merumuskannya dalam bentuk uraian-uraian yang komprehensif dan analitis, maka hal itu akan lebih utama.
3)      Tujuan penelitian
Rumusan tujuan penelitian ini menyajikan hasil yang ingin dicapai setelah penelitian selesai dilakukan. Oleh sebab itu, rumusan tujuan ini harus konsisten dengan rumusan masalah dan mencerminkan pula proses penelitiannya
4)      Asumsi
Asumsi berfungsi sebagai titik pangkal penelitian. Asumsi dapat berupa teori dan dapat pula berupa pemikiran peneliti sendi. Apa pun materinya, asumsi tersebut harus sudah merupakan sesuatu yang tidak perlu dipersoalkan atau dibuktikan lagi kebenarannya; sekurang-kurangnya bagi masalah yang akan diteliti pada masa itu. Asumsi-asumsi dirumuskan sebagai landasan bagi hipotesis.
Asumsi ini harus dirumuskan dalam bentuk kalimat deklaratif. Jadi bukan kalimat bertanya, kalimat menyuruh, kalimat menyarankan, atau kalimat mengharapkan.
5)      Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap masalah atau sub-masalah yang diajukan oleh penelitim yang dijabarkan dari landasan teori atau tinjauan pustaka dan masih harus diuji kebenarannya. Melalui penelitian ilmiah, hipotesis akan dinyatakan ditolak atau diterima.
Hipotesis ini harus dibuat dalam setiap penelitian yang bersifat analitis. Untuk penelitian yang bersifat deskriptif, yang bermaksud mendeskripsikan masalah yang diteliti, hipotesis tidak perlu dibuat oleh karena memang tidak pada tempatnya.
Hipotesis penelitian harus dirumuskan dalam kalimat afirmatif. Hipotesis tidak boleh dirumuskan dalam kalimat bertanya, kalimat menyuruh, kalimat menyarankan atau kalimat mengharapkan.
6)      Metode penelitian
Metode penelitian yang disajikan dalam Bab Pendahuluan bersifat garis besar saja. Ke dalam metode penelitian ini dimasukkan teknik atau teknik-teknik pengumpulan data. Dalam hubungan ini dapat disebutkan metode penelitian historis, deskriptif, ataupun eksperimental. Dalam hal teknik pengumpulan data, dapat disebutkan teknik angket, wawancara, observasi partisipatif, observasi non-partisipatif, atau tes. Jika dipandang perlu dapat pula dimasukkan pendekatan sosiologis, pendekatan edukatif, dan sebagainya. Ke dalam bab ini juga harus dimasukkan proses pembakuan instrument penelitian.

7)      Lokasi dan sampel penelitian
Disamping menyebutkan lokasi dan sampel penelitian pada bagian ini juga harus disebutkan alasan mengapa penelitian itu dilakukan ditempat itu dan dengan sampel itu. Alasan ini akan menjadi lebih kuat apabila dikaitkan dengan rumusan masalah, latar belakang masalah, tujuan penelitian, dan cara menganalisis data.
8)      Jadwal penelitian
Dalam bagian ini dikemukakan nama kegiatan atau tahap penelitian beserta waktu penggarapannya dalam satuan minggu atau bulan. Berikut contoh petikan jadwal penelitian.
No
Nama Kegiatan
Bulan
Feb
Mrt
Apr
Mei
Juni
Juli
1
Penyempurnaan proposal dan koordinasi dengan tim peneliti/kolaborator
X





2
Seminar proposal
X





3
Pelaksanaan penelitian
X
X
X
X


4
Diskusi, refleksi, dan evaluasi
X
X
X
X


5
Analisis data
X
X
X
X


6
Penyusunan draf laporan




X

7
Penulisan laporan





X

9)      Personalia penelitian
Kalau penelitian itu dilakukan oleh tim, maka personalia penelitiannya meliputi ketua dan anggota. Mungkin pula didalamnya terliput pula sekretaris dan bendahara. Dalam setiap personalia penelitian perlu dicantukan nama, jabatan, bidang keahlian, alamat serta tugas-tugasnya.
10)  Biaya penelitian
Secara rinci, kebutuhan anggaran penelitian meliputi hal-hal berikut
1)      Uraian kegiatan atau jenis peralatan yang dibutuhkan
2)      Volume kegiatan dan satuan peralatan
3)      Jumlah biaya
11)  Pustaka acuan
Pustaka acuan meliputi media-media cetak yang digunakan atau menjadi bahan acuan dalam kegiatan penelitian itu, baik yang berupa buku, laporan penelitian, jurnal, Koran/majalah ataupun website
b.      Proposal Kegiatan Kemasyarakatan
Sistematika proposal untuk kegiatan kemasyarakatan, pada umumnya disusun dengan pola berikut
a)      Nama kegiatan
b)      Latar belakang
c)      Tujuan
d)     Jenis-jenis kegiatan
e)      Panitia pelaksana
f)       Waktu dan tempat pelaksanaan
g)      Jadwal kegiatan
h)      Biaya

B.     LAPORAN
1.      Pengertian
Laporan adalah sajian fakta secara objektif mengenai peristiwa yang terjadi. Laporan kemudian diartikan sebagai suatu cara komunikasi untuk menyampaikan hal-hal penting kepada seseorang atau suatu badan hukum sehubungan dengan tugas yang dibebankan kepadanya.
2.      Fungsi Laporan
Laporan merupakan media komunikasi dalam suatu organisasi. Dengan adanya laporan, seorang pimpinan dapat memberikan umpan balik atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh bawahannya. Pimpinan dapat mengevaluasi dan menindaklanjuti kegiatan itu, baik dalam tataran perencanaan, pengorganisasian, pengambilan keputusan, penagwasan dan pengendalian.
Laporan juga berguna untuk kepentingan-kepentingan berikut:
1)      Mengatasi suatu masalah
2)      Mengambil suatu keputusan yang lebih efektif
3)      Mengetahui kemajuan dan perkembangan suatu masalah
4)      Mengadakan pengawasan dan perbaikan, dan
5)      Menemukan teknik-teknik baru
3.      Ciri-ciri Laporan yang Baik
Laporan haruslah menyertakan fakta yang akurat dan meyakinkan. Laporan ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas. Kata dan kalimat yang digunakannya haruslah memiliki ketepatan dan kejelasan makna dan menghindari timbulnya kegandaan tafsiran. Isinya harus disajikan secara sistematis dan menggunakan penalaran yang jelas. Selain itu, laporan haruslah disajikan secara menarik dan enak dibaca.
Di samping itu, sebuah laporan harus pula mengandung sifat-sifat berikut.
a.       Laporan itu harus mengandung imajinasi. Pelapor dalam hal ini harus mengetahui secara tepat tentang pihak yang menerima laporannya itu
b.      Laporan harus sempurna dan lengkap. Hal ini berarti
4.      Sistematika Laporan
Suatu laporan berbagai bentuk penyajian. Secara umum, bentuk penyajian laporan terbagi ke dalam tiga bentuk.
a.       Bentuk popular
Istilah popular digunakan untuk menyatakan topic yang akrab, menyenangkan bagi populous (rakyat) atau disukai oleh orang pada umumnya karena gayanya yang menari dan bahasanya mudah dipahami. Kalimat-kalimatnya sederhana, lancer, namun tidak berupa senda gurau dan tidak pula bersifat fantasi (rekaan). Bentuknya manasuka. Laporan bentuk popular umumnya dijumpai dalam media massa, seperti Koran atau majalah.
b.      Bentuk semiformal
Laporan semiformal mengemukakan aspek-aspek berikut:
1)      Halaman judul                               5) Pembahasan
2)      Kata pengantar                              6) kesimpulan, dan
3)      Daftar isi                                       7) Daftar pustaka
4)      Pendahuluan
Bentuk karangan ilmiah semacam itu, umumnya digunakan dalam laporan buku, laporan wawancara, laporan diskusi dan laporan kunjungan
c.       Bentuk formal
Laporan bentuk formal disusun dengan memenuhi unsur-unsur kelengkapan akademis secara lengkap, yakni meliputi hal-hal sebagai berikut.
1)      Judul
2)      Tim pembimbing
3)      Kata pengantar
4)      Abstrak
5)      Daftar isi
6)      Bab pendahuluan
7)      Bab telaah kepustakaan/kerangka teoritis
8)      Bab metode penelitian
9)      Bab pembahasan hasil penelitian
10)  Bab kesimpulan dan rekomendasi
11)  Daftar pustaka
12)  Lampiran-lampiran
13)  Riwayat hidup
5.      Jenis-jenis Laporan
Menurut isi ataupun masalah yang disampaikannya, laporan dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa macam.
a.       Laporan peristiwa
Laporan peristiwa adalah laporan yang menyajikan berita tentang proses ataupun keadaan berlangsungnya suatu peristiwa. Laporan ini lazim dijumpai dalam media massa seperti Koran, majalah, televise, ataupun radio. Laporan tersebut pada umumnya disusun dengan unsur-unsur berikut:
1)      Peristiwa apa,                    4) dimana,
2)      Yang terlibat siapa            5) mengapa bisa terjadi, dan
3)      Terjadi kapan,                   6) kejadiannya bagaimana,
Keenam unsur ini biasa dikenal sebagai enam unsur berita yang disingkat dalam rumus 5 W + 1 H (who, where, when, why, how)
b.      Laporan perjalanan
Laporan perjalanan merupakan laporan yang menyajikan kegiatan jalan-jalan ke suatu tempat yang jauh dan unik. Dengan laporan tersebut, pembaca diharapkan mendapatkan wawasan baru tentang tempat yang dikunjungi itu. Di samping terkandung cerita selama di perjalanan, dalam laporan tersebut tersaji pula penggambaran tempat ataupun suasana alam. Sebuah laporan perjalanan pada umumnya berpola kronologis di dalamnya bisa berpola naratif, deskriptif, ataupun perpaduan keduanya.
c.       Laporan diskusi
Laporan diskusi sering pula disebut dengan notulan, yakni catatan singkat mengenai jalannya diskusi juga mengemukakan tempat, waktu, tujuan, peserta, dan hal-hal yang berkenaan dengan kegiatan tersebut.
Laporan diskusi pada umumnya disajikan dengan sistematik berikut.
1)      Judul/tema diskusi
2)      Waktu dan tempat pelaksanan
3)      Peserta diskusi
4)      Pembicara atau pemakalah
5)      Moderator
6)      Pokok-pokok acara
7)      Keputusan-keputusan penting
8)      Kesimpulan
9)      Tindak lanjut
10)  Lampiran-lampiran
d.      Laporan kegiatan
Setelah melakukan kegiatan perlombaan ataupun serangkaian upacara peringatan hari besar nasional ataupun keagamaan, panitia peaksana diharuskan membuat catatan tertulis untuk kegiatan disampailkan kepada atasanya, baik itu kepala sekolah, kepala desa, dan pihak-pihak lainnya. Catatan semacam itu dinamakan dengan laporan kegiatan. Hal-hal yang perlu dilaporkan, antara lain, meliputi:
1)      Latar belakang
2)      Tujuan
3)      Jenis kegiatan
4)      Waktu dan tempat kegiatan
5)      Susunan kepanitiaan
6)      Anggaran, dan
7)      Jadwal kegiatan
e.       Laporan penelitian
Laporan penelitian adalah laporan yang mengemukakan suatu keadaan atau peristiwa berdasarkan hasil pengamatan atau penelitian. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1)      Menentukan aspek-aspek yang akan diteliti. Hal ini penting agar proses penelitian dan langkah penyusunan laporannya lebihn terpokus.
2)      Menentukan tujuan yang kegunaannya agar penelitian itu lebih terarah dan bermanfaat.
3)      Menentukan metode dan teknik penelitian, misalnya dengan observasi langsung, wawancara atau angket.
4)      Melaksanakan penelitian berdasarkan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.
5)      Menyusun laporan dengan berdasarkan data yang diperoleh selama pengamatan. Hal ini diperlukan tidak hanya data ataupun hasil analisisnya, melainkan pula tujuan, metode penelitian, alat atau instrumen yang digunakan, dan hal-hal yang berkenaan dengan proses penelitian.

SOAL-SOAL PEMBAHASAN
1.      Jumlah wanita yang akan diwawancarai kami tetapkan sebanyak 30 orang. Mereka yang kami pilih minimal berpendidikan SLTA agar mampu memahami pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Kenyataan yang kami hadapi hanya 3 orang saja (10%) yang berpendidikan SLTA, sedangkan lainnya berpendidikan akademi atau universitas.
Langkah selanjutnya, pewawancara saya tentukan wanita juga and harus sudah cukup dikenal oleh responden, sehingga dari mereka lebih banyak jawaban yang keluar. Untuk itu, Yati dan Ninik mengerahkan teman-temannya untuk melakukan wawancara.
……
Mencermati isinya, penggalan di atas termasuk laporan hasil …..
A.    Pengamatan                 C. penelitian                E. pamantauan
B.     Percobaan                    D. kegiatan
(UAN 2002)
Pembahasan
Konsep dasar
Laporan adalah jenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan seseorang/kelompok atas dasar tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
Berdasarkan isinya, laporan terdiri atas beberapa macam, yakni laporan pengamatan, laporan penelitian, laporan diskusi, dan sebagainya.
Cara cepat
Berdasarkan isinya tampak bahwa penggalan wacana tersebut merupakan laporan penelitian yang menggunakan teknik wawancara. Hal tersebut tampak dari pernyataan-pernyataannya yang menjelaskan jumlah narasumber dna langkah-langkah kegiatannya.
Jawab : C
2.      Bahasa laporan hendaknya memenuhi kriteria sebagai berikut, kecuali …
A.    Logis               C. jelas                                                E. menarik/indah
B.     Baku                D. mudah dipahami
Pembahasan
Konsep dasar
Di samping isi dan kelengkapan unsur-unsurnya, penulisan laporan haruslah memperhatikan aspek kebahasaannya. Bahasa yang digunakan dalam laporan haruslah logis, baku, jelas, dan mudah dipahami.
Cara cepat
Ragam bahasa yang mengutamakan nuansa keindahan, biasanya digunakan dalam karya-karya sastra. Ragam bahasa yang bersifat konotatif justru harus dihindari dalam suatu laporan.
3.      Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk: 1. Mempererat hubungan antarsiswa di SMA ini. 2. Memacu kreativitas dalam bidang fotografi. 3. Membentuk kegiatan remaja yang positif.
Bagian proposal di atas termasuk ….
A.    Latar belakang                        C. tujuan                     E. anggaran
B.     Dasar pemikiran                      D. kepanitiaan
Pembahasan
Konsep dasar
Proposal adalah rencana kerja yang dituangkan dalam sebuah tulisan. Unsur-unsur proposal meliputi latar belakang, tujuan, kepanitiaan dan anggaran
Cara cepat
Dengan adanya pernyataan, seperti maksud kami, bagian itu termasuk ke dalam tujuan (Kegiatan)
4.      Untuk mengisi liburan caturwulan, teman-teman sekelas akan melaksanakan kegiatan bakti social berupa pasar murah di desa. Proposal kegiatan tersebut telah disusun untuk dibahas bersama sebelum diajukan kepada kepala sekolah dan pihak-pihak lain guna mendapatkan persetujuan dan bantuan. Dalam proposal termuat hal-hal (a) latar belakang dan dasar pemikiran, (b) jenis kegiatan, (c) anggaran/pembiayaan, (d) waktu dan tempat pelaksanaan, dan (3) susunan panitia.
Bagian yang belum tercantun dalam proposal tersebut adalah …..
A.    Nama pabrik yang memproduksi barang yang akan dijual
B.     Maksud dan tujuan kegiatan
C.     Nama siswa yang pertama-tama mempunyai ide untuk menyelenggarakan pasar murah
D.    Pembagian tugas setiap siswa dalam penyelenggaraan pasar murah
E.     Bentuk kegiatan persiapan yang telah dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pasar murah
(UAN 2002)
Pembahasan
Konsep dasar
Terdapat berbagai jenis proposal, antara lain, proposal penelitian, proposal kunjungan wisata, proposal seminar, kegiatan bakti social. Perbedaan jenis proposal tersebut berpengaruh pada bagian-bagian yang harus tercantum di dalamnya. Misalnya, proposal kegiatan bakti social meliputi bagian-bagian berikut:
a.       Latar belakang dan dasar pemikiran
b.      Maksud dan tujuan
c.       Jenis atau nama kegiatan
d.      Waktu dan tempat pelaksanaan
e.       Susunan kepanitiaan
f.       Anggaran atau pembiayaan
Cara cepat
Bagian waktu dan tujuan, belum tercantum dalam proposal tersebut
Jawaban : B
5.      Memiliki kemampuan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan orang. Banyak ahli terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan namun mereka sering kurang terampil menyajikannya secara lisan (langsung). Oleh sebab itulah perlu kiranya diadakan lomba diskusi panel untuk tingkat SMA se-DKI ini. Sebagai wadah bagi siswa berlatih berbicara dan mengeluarkan pendapat….
Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan unsur proposal bagian ….
A.    Pendahuluan                           D. dasar pemikiran
B.     Sasaran                                    E. perkiraan anggaran
C.     Tema
(UAN 2002)
Pembahasan
Konsep dasar
Sebuah proposal terdiri atas beberapa bagian, seperti pendahuluan, dasar pemikiran, tujuan kegiatan, jenis-jenis kegiatan dan perkiraan anggaran.
Cara cepat
Tampak pada kalimat pertama bahwa penggalan proposal tersebut menyatakan perlunya lomba diskusi panel. Bagian tersebut merupakan dasar pemikiran atas usulan yang diajukan dalam proposal itu.
Jawaban : D

UJI LATIH MANDIRI

1.                                                            Laporan Pengamatan
Daerah Pemukiman Transmigrasi
Transbangdep, singkatan dari Transmigrasi Swakarsa Pengembangan Desa POtensial, merupakan upaya penataan dan pengembangan desa di daerah transmigrasi yang masih memiliki potensi sumber daya alam untuk dikembangkan.
Lokasi pemukiman Transbangdep yang dikembangkan tahun 1992/1993 adalah Desa sumber Baru dan Sumber Harapan di Kecamatan Sungai Pinang, Kabupaten Banyar, Provinsi Kalimantan Selatan dengan rencana penempatan 250 KK. Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan merupakan desa berdampingan yang pertumbuhannya relative lambat akibat kurangnya penduduk yang memiliki keterampilan untuk mengolah dan mengembangkan potensi sumber daya alam yang tersedia. Untuk memenuhi penduduk sesuai dengan keterampilan dan jenis usaha yang dibutuhkan bagi pembangunan desa-desa tersebut masayrakat mengharapkan dikembangkannya Program Transmigrasi Swakarsa.
Lokasi Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan dapat dicapai dengan kendaraan angkutan untuk serta ojek. Fasilitas yang tersedia di desa ini adalah 2 unit SD Negeri, 1 unit Puskesmas Pembantu, 2 unit Mesjid dan 3 Surau.
Tanggapan yang tepat terhadap penggalan laporan di atas adalah …
A.    Transmigrasi Swakarsa Pengembangan Desa Potensial perlu dikembangkan untuk kemajuan Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan
B.     Fasilitas Umum yang telah tersedia di Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan sudah lengkap dan sempurna
C.     Pertumbuhan dan kemajuan Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan relatif lambat karena kurangnya penduduk
D.    Dengan fasilitas yang disediakan pasti akan menjamin keberhasilan pengembangan Desa Sumber Baru dan Sumber Harapan
E.     Penggalan laporan tersebut sudah mencerminkan kesempurnaan sebuah laporan
2.      Perhatikan contoh notulen berikut ini!
(1)   Laporan Hasil Rapat Kenaikan Kelas
Acara pembuka dipimpin…….
Pelaksanaan;
Memutuskan kenaikan 100%
Semua siswa diacak
Acara penutup dipimpin…..
                                                Yogya, ….
Kepala Sekolah                       Sekretaris
…………………………….               …………………………
(2)   Laporan Hasil Rapat Kenaikan Kelas SMAN 1 Sandu, Yogyakarta
Pelaksanaan tanggal …..
Acara:
1.      Pembukaan
2.      Sambutan Kepala Sekolah
3.      Pengesahan kenaikan kelas
4.      Penutup
Hasil :
1.      Kelas I       Jumlah siswa 240
Naik: 237, tidak naik 3
2.      Kelas II     jumlah siswa 240
Naik: 238, tidak naik 2
                                                Yogya, ….
Kepala Sekolah                       Sekretaris
…………………………….               …………………………
(3)   Laporan Hasil Rapat Kenaikan Kelas
Acara:
……………………
……………………
Pelaksanaan
……………………
……………………
                                                Yogya, ….
Kepala Sekolah                       Sekretaris
…………………………….               …………………………
(4)   Laporan Hasil Rapat Kenaikan Kelas
Pembukaan
…………………….
…………………….
…………………….
Isi
…………………….

…………………….
Penutup
…………………….
…………………….
                                                Yogya, ….
Kepala Sekolah                       Sekretaris
…………………………….               …………………………
(5)   Laporan Hasil Rapat Kenaikan Kelas
No :
Hal :
Acara
…………………….
…………………….
…………………….
Kegiatan
…………………….
…………………….
Penutup
…………………….
…………………….
                                                Yogya, ….
Kepala Sekolah                       Sekretaris
…………………………….               …………………………
Contoh notulen yang benar adalah nomor….
A.    Pertama                 B. kedua          C. ketiga          D. keempat      E. kelima
3.      Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita mendiskusikan laporan pengamatan, kecuali…..
A.    Objektivitasnya                                   D. jumlah orang yang menyusunnya
B.     Sistematika dan kelogisannya             E. kebekuan bahasa yang digunakan
C.     Kelengkapan data
4.      Rupanya kecepatan angina sangat mempengaruhi keras-lemahnya suara kincir, makin keras angina bertiup, makin cepat baling-baling kincir angina bertiup, makin cepat baling-baling berputar. Gesekan sumber kincir pun bertambah keras.
Informasi utama yang dikemukakan dalam penggalan laporan pengamatan di atas adalah…..
A.    Jenis-jenis kecepatan angina
B.     Pengaruh kecepatan angina terhadap kincir angina
C.     Hubungan antara kecepatan angina dengan perputaran kincir angina
D.    Tiupan angina yang dapat menyebabkan berputarnya kincir angina
E.     Gesekan sumbu kincir sebagai akibat dari tiupan angina
5.      Penulisan judul laporan perjalanan yang paling tepat adalah ….
A.    Teknik-teknik Membudidayakan Lele Dumbo
B.     Kesadaran Hukum Masyarakat Kota dan Desa
C.     Pesona Wisata Gunung Tangkuban-Perahu, Bandung
D.    Percobaan Pembiakan Pohon Anggur dengan Sistem Cangkok
E.     Pelanggaran Hak-hak Asasi Manusia di Negara-negara Maju
6.      Arus listrik DC dari baterai masuk ke pembalik arus (inverter) yang berkapasitas 1.500 watt, dan diubah menjadi arus AC 220 volt. Pada siang hari, voltase bias mencapai 220 volt. Namun demikian, pada malam hari, saat beban pemakaian tinggi, voltase turun sampai 190 volt. Kalau pemakaiannya melebihi kapasitas, lampu indicator overload pada inverter akan menyala, tetapi yang demikian itu jarang sekali terjadi.
Laporan tersebut dapat diklasifikasikan sebagai jenis laporan ….
A.    Pengamatan                 C. kimiawi                   E. elektronis
B.     Keilmiahan                  D. laboratoris 
7.      Mobil pun bergerak meninggalkan hotel yang berada di pusat Kota Amman, Ibu kota Yordania. Di sepanjang perjalanan kami dipandu oleh guide yang berasal dari Yordan.Pria yang usianya boleh dikatakan tidak mudah lagi, namun cukup energik, karena ia tidak henti-hentinya menjelaskan tempat-tampat yang kami lewati. Berhubung ia sering menggunakan kata “as you know”, maka peserta tour pun memberikan predikat “Mister As You Know” padanya.
Hal yang dikemukakan dalam laporan di atas adalah tentang …..
A.    Perjalanan menuju Palestina
B.     Kesan-kesan selama perjalanan
C.     Keadaan jalan-jalan di Kota Amman
D.    Kebiasaan orang selama perjalanan
E.     Kisah selama perjalanan meninggalkan kota Amman
8.      Ragam bahasa sebuah laporan tampak pada kalimat…..
A.    Survey yang dilakukannya telah memenuhi standar yang ditetapkan
B.     Seandainya gejala tersebut tidak terjadi, maka dimungkinkan mesin itu tidak akan bertahan lama
C.     Melalui wawancara dengan pemilik kios, YPPKI menjaring produk yang digemari konsumen
D.    Bila sekiranya dalam laporan ini ada sesuatu yang tidak lengkap, dengan hormat saya harap anda dapat mengoreksinya
E.     Dari wawancara dengan pemilik toko, diperoleh gambaran bahwa masyarakat gemar pada obat-obat tradisional
9.      Mengingat keterbatasan waktu, penulis menetapkan tujuan penelitian ini hanya pada hal-hal berikut.
Uji Coliform karena bakteri kelompok Coli sama sekali tidak boleh dalam makanan atau minum (harus negative) sehingga mudah dicek kehadirannya.
Uji total asam karena banyak produk minuman kemasan karton kelompok sari buah berasa asam.
Dalam laporan penelitian kutipan di atas menyatakan sebagai…
A.    Latar belakang masalah                       D. metode penelitian  
B.     Hipotesis                                             E. pembatasan masalah
C.     Landasan teoritis
10.  Sistematika laporan penelitian disusun berdasarkan ketentuan yang logis. Salah satu pondasi laporan penelitian adalah adanya latar belakang masalah. Latar belakang masalah tersebut terdapat pada bagian…….
A.    Inti masalah                 C. perumusan masalah            E. pendahuluan
B.     Kesimpul dan saran     D. pemecahan masalah
11.  1. Latar belakang              3. Kesimpulan                                     5. Pembahasan
2. perumusan masalah       4. Tujuan
Sistematika yang tepat untuk laporan penelitian adalah ….
A.    1, 2, 4, 5, 3                  C. 3, 4, 5, 1, 2                         E. 1, 3, 5, 2, 4
B.     2, 3, 4, 5, 1                  D. 2, 1, 4, 5, 3
12.  Yang menarik dari penelitian itu, bahwa skor terendah para siswa Indonesia tersebut berasal dari siswa yang bersekolah di pedesaan. Jawaban mereka yang benar hanya 33 persen. Sementara itu, skor para siswa yang bersekolah di kota kecamatan 44 persen, yang di ibukota kabupaten/kodya 45%, dan skor siswa di kota-kota besar 50 persen.
Penggalan laporan penelitian di atas lazimnya dijumpai dalam bagian…
A.    Kata pengantar            C. latar belakang                     E. tujuan penelitian
B.     Asumsi penelitian        D. pembahasan hasil penelitian
13.  Kalimat yang wajar digunakan dalam penulisan laporan adalah ….
A.    Diimbau kepada hadirin, hendaknya tertib dalam mengikuti acara
B.     Kami mengucapkan terima kasih atas segala bimbingan Bapak
C.     Pendapat ini kami kemukakan setelah satu bulan mengadakan pengamatan
D.    Sangat dipastikan bahwa penelitian yang akan kami lakukan pasti berhasil
E.     Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam menyampaikan hasil penelitian ini ada hal-hal yang kurang berkenan
14.  Dalam proposal yang berjudul “Lokakarya Kreasi Pelajar di SMA Negeri 5 Kotabaru” perlu diuraikan hal-hal berikut, kecuali…..
A.    Latar belakang                                    D. saran-saran kegiatan 
B.     Tujuan kegiatan                                   E. waktu dan tempat kegiatan
C.     Jenis-jenis kegiatan
15. 
Menghambat penyebaran dan memberantas bibit penyakit demam berdarah. Menumbuhkan kesadaran masyarakat tetang pentingnya lingkungan yang sehat.
Dalam suatu rencana kegiatan, uraian di atas merupakan…
A.    Latar belakang kegiatan          D. langkah-langkah kegiatan
B.     Tujuan kegiatan                       E. manfaat kegiatan
C.     Materi kegiatan
16.  Penanggung jawab           : 1. Lurah Sukamulya
 2. Kepala Puskesmas Sukamulya
Ketua Pelaksana  : Eko Sulistiyo
Wakil Ketua          : Ahmad Wibisana
Anggota                : Seluruh pemuda Desa Sukamulya
Bagian tersebut lebih tepat disebut dengan ….
A.    Panitia kegiatan                      D. para pelaksana
B.     Susunan organisasi                 E. organisasi inti
C.     Jenis-jenis kepanitiaan
17.  1. Penguburan kaleng-kaleng bekas          3. Pengurasan bak-bak mandi, dan
2. pembakaran sampah-sampah                 4. Pengasapan rumah-rumah penduduk
Jenis-jenis kegiatan itu adalah bagian dari proposal yang berjudul ….
A.    Program Pemberantasan Penyakit Demam Berdarah
B.     Lomba
18.  Proses pendaurulangan plastic menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan mereka sangat bertahap supaya kandungan-kandungan kimia pada plastik tersebut akhirnya sesuai seperti yang terdapat pada bensin dan solar. Proses ini antara lain dipisahkan antara damar eksposi dan plastik, kemudian plastik dihancurkan untuk selanjutnya plastik dicairkan dalam bak minyak dengan suhu 400 derajat celcius lebih.
Masalah yang dibicarakan dalam laporan berita tersebut adalah …
A.    Pemisahan damar eksposi dari plastik
B.     Sebuah proses pendaurulangan dalam lingkungan hidup
C.     Proses pendaurulangan plastik menjadi bahan bakar minyam (BBM)
D.    Pencairan plastik dalam bak minyak dengan suhu 400 derajat celcius lebih
E.     Kandungan-kandungan kimia pada plastik disamakan seperti pada bensin dan solar
19.  Objek wisata yang menawan dan dilengkapi dengan atraksi budaya daerah, banyak menentukan keberhasilan pemasaran objek wisata tersebut.
Judul artikel yang tepat untuk permasalahan di atas adalah ….
A.    Pemasaran Objek Wisata Desa dan Seni Budaya
B.     Pemasaran Objek Wisata Perlu Terus Ditingkatkan
C.     Objek Wisata yang Menawan banyak Menarik Wisatawan
D.    Keberhasilan Pemasaran Objek Wisata dan Seni Budaya
E.     Peningkatan Pemasaran Objek Wisata dan Seni Budaya
20.  Fungsi judul adalah sebagai berikut, kecuali ….
A.    Topic karangan                                    D. ungkapan kreativitas pengarang
B.     Nama sebuah karangan                       E. slogan promosi untuk menarik pembaca
C.     Banyangan tema karangan
21.  Dibawah ini yang bukan merupakan ciri umum artikel ……
A.    Masalah-masalah yang disajikannya objektif dan faktual
B.     Mengutamakan aspek rasionalitas
C.     Struktur pembahasan, deskriptif dan naratif
D.    Pola pengembangan secara kausalitas
E.     Bahasanya lugas
22.  Diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan pastilah menyenangkan. Tapi, tak sedikit orang yang mengalami depresi saat mulai bekerja. Ya, kadang-kadang, masuk ke dalam lingkungan kerja baru memang menimbulkan perasaan tidak enak, apalagi kalau mood tidak dalam kondisi prima.
Cuplikan tersebut mengemukakan masalah ….
A.    Orang pada saat mulai bekerja
B.     Bekerja itu menyenangkan
C.     Lapangan kerja semakin sulit
D.    Kesehatan harus selalu dijaga bila sedang bekerja
E.     Masuk lingkungan kerja baru sering menimbulkan masalah
23.  Tak ada yang bias memberi pembenaran terhadap serangan itu. Semua pidato yang mengatakan perang ini akan membawa demokrasi di Timur Tengah adalah tipuan belaka. Demokrasi tak bisa dipaksakan dari atas. Demokrasi harus tumbuh dari dalam sebagai hasil dari perjuangan rakyat di sebuah negeri.
Penggalan karangan tersebut lebih banyak menyoroti masalah……
A.    Perang                         C. perjuangan rakyat Irak       E. serangan Amerika
B.     Demokrasi                   D. Timur Tengah
24.  Dalam dunia perfilman kita mengenal Piala Citra, sedangkan dalam upaya melestarikan lingkungan hidup tiap tahun diberikan Hadiah Kalpataru, maka dalam rangka mengembangkan industry kecil dikenal penghargaan Upakarti. Penghargaan Upakarti diberikan oleh pemerintah kepada mereka yang berjasa dalam pelaksanaan program keterkaitan pengembangan industry kecil. Tujuannya adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat luas guna berperan serta dalam mengembangkan industry kecil yang besar manfaatnya bagi pemerataan pengembangan dalam arti seluas luasnya. Hal ini juga berarti meningkatkan kesejahteraan masayrakat pengrajin beserta keluarga.
Penggalan karangan di atas membicarakan masalah….
A.    Pengharagaan dalam dunia perfilman
B.     Penghargaan dalam pengembangan industri kecil
C.     Penghargaan Upakarti dalam meningkatkan industri kecil
D.    Partisipasi masyarakat dalam pengembangan industri kecil
25.  Pembangunan ekonomi tetap menduduki tempat pertama dalam skala prioritas nasional, baik dalam pola jangka panjang maupun pola umum Pelita I dan Pelita II yang sesuai dengan haluan pembangunan yang digariskan oleh MPR. Ketetapan ini mencerminkan betapa besar masalah social ekonomi yang perlu kita garap untuk memajukan kesejahteraan rakyat. Teranglah justru untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dalam arti luas itu diperlukan dana pembangunan yang besar. Dana pembangunan harus dihimpun melalui peningkatan penerimaan Negara dan kemampuan masyarakat sendiri melalui kegiatan produksi dan gerak ekonomi yang menanjak. Dengan kata lain, kesejahteraan rakyat dalam arti yang sebenarnya hanya mampu terwujud dalam tingkat ekonomi yang maju.
Paragraph di atas berbicara tentang …
A.    Pembangunan ekonomi yang tetap menduduki tempat pertama dalam skala prioritas nasional
B.     Besarnya masalah ekonomi yang perlu digarap dalam memajukan kesejahteraan rakyat
C.     Perlunya dana yang besar untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dalam arti yang luas
D.    Dana pembangunan yang harus dihimpun melalui peningkatan penerimaan Negara dan kemampuan rakyat
E.     Peranan pemimpin bangsa di dalam membangun kesejahteraan ekonomi masyarakatnya
26.  Industrialisasi di Negara kita mendorong didirikannya berbagai macam pabrik yang memproduksi beraneka ragam barang. Pabrik-pabrik itu memberikan lapangan kerja kepada ribuan tenaga kerja, baik yang berasal dari masyarakat sekitar pabrik maupun dari daerah-daerah lain. Dengan demikian, beraneka barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tersebut dapat meningkatkan ekspor non migas serta menghasilkan devisa bagi Negara.
Cuplikan karangan di atas menyatakan bahwa…
A.    Pembangunan pabrik memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat
B.     Negara kita masih perlu mendirikan pabrik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat
C.     Kita bisa meningkatkan ekspor nonmigas dan gas dengan didirikannya pabrik-pabrik
D.    Kesejahteraan manusia ditunjang oleh ekspor nonmigas dari barang yang diproduksi oleh pabrik
E.     Pabrik dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan ekspor nonmigas
27.  Bioteknologi pertanian modern dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu kultur jaringan dan rekayasa genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita mengisolasi jaringan dan sel-sel tumbuhan, kemudian menanamkannya di luar tumbuh-tumbuhan itu sendiri.
Bacaan di atas menjelaskan ….
A.    Kemampuan bioteknologi pertanian modern
B.     Pengisolasian jaringan dan sel-sel tumbuhan
C.     Bioteknologi pertanian modern akan dikembangkan
D.    Kegiatan dasar kultur jariangan dan rekayasa genetika
E.     Dua kegiatan dasar modern dikembangkan melalui bioteknologi pertanian
28.  Karyawan-karyawan di suatu kantor tidak dapat bekerja dengan tenang karena kepala kantornya bersikap keras dan kaku. Sering kali dia bersikap seakan-akan dia sendiri yang paling benar, kantor itu sama sekali tidak menyenangkan.
Masalah pokok yang dibicarakan dalam paragraph di atas adalah …
A.    Masalah-masalah di kantor swasta
B.     Sikap keras dan kaku seorang kepala kantor
C.     Ketidaktenangan para karyawan dalam bekerja
D.    Keadaan karyawan-karyawan di suatu kantor
E.     Suasana di kantor dikepalai oleh seorang yang otoriter
29.  Karena pengaruh globalisasi dan tuntutan kehidupan, masyarakat akan mengalami pergeseran apresiasi dan cara pandang terhadap berbagai aspek kehidupan. Berbagai aspek kehidupan itu sendiri juga mengalami perubahan-perubahan yang berarti. Untuk menjelaskan bagaimana pendidikan masa depan harus dilaksanakan berbagai tuntutan, kebutuhan dan fenomena yang terhadi dalam masyarakat perlu dicermati secara saksama. Berbagai tuntutan itulah namun akan memaksa dunia pendidikan untuk berbenah diri. Di dunia kerja misalnya, dapat dipastikan akan menuju kepada spesialisasi dan profesionalisasi.
Sementara itu, ada pergeseran apresiasi masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan, sehingga masyarakat menjadi longgar terhadap berbagai perilaku yang kurang lazim dalam budaya Indonesia. Misalnya, mencium pipi antara dua insan yang berlainan jenis di muka umum, pergaulan bebas antara remaja. Itu semua menjuru kepada penyimpangan norma agama.
Hal yang dipersoalkan dalam kutipan di atas adalah ….
A.    Pergeseran norma agama
B.     Perubahan pendidikan di masa depan
C.     Perilaku masyarakat Indonesia masa kini
D.    Perubahan pandangan terhadap berbagai aspek kehidupan
E.     Pengaruh globalisasi terhadap budaya Indonesia
30.  Unsur-unsur yang lazim dijumpai dalam proposal meliputi hal-hal berikut, kecuali
A.    Tujuan                         C. latar belakang         E. fasilitas kebersihan sekolah
B.     Kesimpulan                 D. pelaksanaan kegiatan
31.  Proposal diperlukan untuk kegiatan seperti….
A.    Upacara bendera                     D. pelaksanaan kebersihan sekolah
B.     Rencana diskusi kelompok     E. lomba menulis cerpen tingkat kabupaten
C.     Penyusunan jadwal pelajaran
32.  Contoh tanggapan tentang rencana pelaksanaan lomba baca puisi adalah ….
A.    Siswa anggaran dari pelaksanaan tersebut harus dimasukkan ke kas OSIS
B.     Sebaiknya dalam penyusunan rencana ini kita melibatkan para ketua kelas
C.     Kita harus menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara kita ini
D.    Syukurlah pelaksanaan kegiatan terebut berjalan sukses, itu semua karena peran aktif kalian semua
E.     Puisi merupakan karya sastra yang digemari banyak kalangan, tidak hanya para siswa tetapi juga masyarakat umum
33.  Berangkat dari kenyataan inilah, kami ingin berbagi dan berkolaborasi dengan teman-teman dari berbagai SMA di Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kemampuan menulis, terutama untuk kepentingan belajar dan sebagai profesi bila nanti sudah terjun di masyarakat.
Penggalan proposal di atas merupakan …..
A.    Latar belakang kegiatan          C. masalah kegiatan                E. peserta kegiatan
B.     Tujuan kegiatan                       D. manfaat kegiatan
34.  Karena pelatihan ini dilakukan secara partisipatif, maka dalam pelaksanaannya diselenggarakan melalui pemberian kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi dalam setiap proses pembelajaran.
Bagian tersebut lebih tepat dimasukkan ke dalam bagian ….
A.    Prosedur kegiatan                   D. saran kegiatan
B.     Komponen kegiatan                E. penyelenggara kegiatan
C.     Waktu dan tempat kegiatan
35.  Depdikbud. 1984. Mutiara Lapangan Hijau. Jakarta: Depdikbud, h. 4.
Kata Depdikbud yang pertama dalam cuplikan di atas menunjukkan …
A.    Yang menulis                          C. judul buku              E. judul artikel
B.     Yang menerbitkan                   D. tempat penerbitan
36.  Penulisan daftar pustaka yang benar adalah …
A.    Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bobby DePorter dan Mike Hernaki, 1999, Kaifa, Bandung
B.     Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bobby DePorter dan Mike Hernaki. Bandung: Kaifa, 1999
C.     DePorter, Bobby dan Mike Hernaki. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa, 1999
D.    DePorter, Bobby dan Mike Hernaki. 1999. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
E.     Bobby DePorter dan Mike Hernaki. 1999. Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
37.  Catatan kaki memuat hal-hal berikut, kecuali..
A.    Judul buku                  C. tahun penerbitan                 E. latar belakang pengarang
B.     Nama pengarang         D. tempat penerbit
38.  Richard Rodger. 1999. The Nature of Language, terj. Oleh Ronald Wardough. New Jersey: Pergamon Ltd., hal.5
A.    Nama pengarang         C. penerjemah buku                E. tempat penerbit
B.     Editor buku                 D. nama penerbit
39.  Joshua Jackson. 2000. Man in Uttering Ideas, Second edition. New York: Prentice Hall, hal. 121.
Bagian catatan kaki yang bergaris bawah merupakan….
A.    Jumlah buku                C. tahun terbit             E. tahun perjanjian kontrak
B.     Jumlah halaman           D. tahun penulisan buku
40.  Penulisan catatan kaki dari buku karangan W.J.S. Poerwadarminto berjudul Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang terbit UP Indonesia, Yogyakarta, tahun 1967, halaman 4 yang benar adalah ….
A.    Poerwadarminto, W. J. S, Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang, (Yogyakarta: UP Indonesia, 1967), hlm. 4.
B.     W. J. S. Poerwadarminto, Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang, (Yogyakarta: UP Indonesia, 1967), hlm. 4.
C.     W. J. S. Poerwadarminto. 1967. Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang, (Yogyakarta: UP Indonesia). Hlm. 4.
D.    Poerwadarminto, W. J. S. 1967. Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang, Yogyakarta: UP Indonesia. Hlm. 4.
E.     W. J. S. poerwadarminto, Bahasa Indonesia untuk Karang-mengarang, (Yogyakarta IP Indonesia, 1967)
41.  Perhatikan data berikut!
No
Judul
Penulis
Tahun terbit
Penerbit
Tempat
1
KOMPOSISI
Gory Keraf
1980
Nusa Indah
Ende Flores

Susunan daftar pustaka menurut data di atas yang benar ialah…..
A.    Keraf, Gorys. 1980. Komposisi. Ende Flores: nusa Indah
B.     Keraf, Gorys, Komposisi. Ende, Flores, Nusa Indah, 1980
C.     Keraf, Gorys, Ende, Floresm Komposisi, Nusa Indah, 1980
D.    Gorys Keraf, Ende, Flores, Komposisi. 1980, Nusa Indah
E.     Gorys Keraf, Komposisi. 1980, Nusa Indah, Ende, Flores
42.  Dari hasil pengamatan kami pada suatu hari pada musim libur panjang, di jalan protocol itu, Jalan Malioboro, banyak kendaraan yang diparkir di trotoar. Setelah kami hitung, tercatat hanya ada 34,38% kendaraan bernomor polisi AB, dari provinsi kami. Selebihnya, 29,26% dari Jakarta, 15,57% dari Bandung, 11,65% dari Surabaya, 5,80 dari Semarang, 2,92% dari Bogor. Sisanya dari Banten, Rembang, Jepara, Pekalongan, Kedu, bahkan ada mobil yang bernomor polisi Aceh, Flores, dan Bali. Dari hasil pengamatan itu, ternyata persentase kendaraan dari luar Yogyakarta jauh lebih banyak.
Isi laporan di atas disusun berdasarkan hasil….
A.    Angket                        C. percobaan               E. studi pustaka
B.     Wawancara     D. observasi lapangan
43.  Kualitas anak-anak, pemilik masa depan, sangat ditentukan oleh perlakuan kita terhadap mereka saat ini. Maju mundurnya suatu bangsa di masa depan, sangat dipengaruhi oleh kesiapan fisik, mental, social, maupun intelektual generasi yang saat ini masih berada dalam fase kanak-kanak.
Dalam karya tulis, uraian di atas merupakan bagian……
A.    Tujuan penulisan                     C. pembatasan masalah           E. permasalahan
B.     Latar belakang                        D. landasan teori
44.  Hal yang perlu dikemukakan dalam pendahuluan suatu laporan penelitian ialah…
A.    Tujuan penelitian                     D. teknik pengumpulan data
B.     Instrument penelitian E. daftar riwayat hidup peneliti
C.     Langkah-langkah penelitian
45.  Dalam karya tulis, bagian ini merupakan uraian singkat dan lengkap yang menjelaskan seluruh pokok. Bagian yang dimaksud adalah …
A.    Kesimpulan                             C. kata pengantar                    E. abstrak
B.     Daftar isi                                 D. pendahuluan
46.  Dengan banyaknya penderita penyakit demam berdarah di Desa Mekarsari, diperlukan adanya program kebersihan secara menyeluruh, terutama terhadap tempat-tempat pembuangan air yang ada di desa tersebut.
Rumusan tersebut biasanya ditempatkan dalam proposal pada bagian….
A.    Latar belakang kegiatan          D. jenis-jenis kegiatan            
B.     Tujuan penelitian                     E. fasilitas yang dimiliki
C.     Ruang lingkup kegiatan
47.  Fakta yang dapat dimasukkan ke dalam kalimat laporan adalah ….
A.    Benarkah binatang buas perlu dibantai?
B.     Mudah-mudahan para peserta dapat memahami
C.     Menurut perkiraan para ahli di sini ada sekitar 1.500 jenis ular
D.    Binatang melata pada umumnya dapat berfungsi ikut menyeimbangkan alam
E.     Pembahasan rinci mengenai masalah tersebut akan dilanjutkan pada pertemuan yang akan dating
48.  Dengan banyaknya penderita penyakit demam berdarah di Desa Mekarsari, diperlukan adanya program kebersihan secara menyeluruh, terutama terhadap tempat-tempat pembuangan air yang ada di desa tersebut.
Rumusan tersebut biasanya ditempatkan dalam proposal pada bagian …..
A.    Latar belakang kegiatan          D. jenis-jenis kegiatan
B.     Tujuan penelitian                     E. fasilitas yang dimiliki
C.     Ruang lingkup kegiatan
49.  Dari jalan masuk di tepi jalan lintas Sumatra itu, pengunjung yang menggunakan angkutan umum bisa memanfaatkan jasa tukang ojek sepeda motor dengan tariff Rp. 5.000. Sementara itu, bagi pengunjung yang datang berkendaraan mobil atau sepeda motor, jalan mulus sampai ke lokasi akan mempermudah perjalanan.
Cuplikan di atas memaparkan…
A.    Keadaan lintas Sumatra
B.     Cara menuju ke suatu lokasi
C.     Besarnya tarif untuk menuju lokasi wisata
D.    Jenis-jenis kendaraan di suatu tempat
E.     Kemudahan-kemudahan yang ada di suatu perjalanan
50.  Candi Kalasan merupakan candi Buddha. Prasastinya berhutuf prenagari dan berbahasa Sansekerta. Candi ini dibangun pada tahun 778 M. letaknya di Dusun Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, dan berada sekitar 3 Km arah barat candi Prambanan.
Bacaan di atas menginformasikan hal-hal berikut, kecuali……
A.    Letal candi                  C. pendiri candi                      E. jenis candi
B.     Pemilik candi              D. waktu pendirian candi
51.  Potret hidup masyarakat desa yang sederhana, itulah gambaran pertama yang kita tangkap dan rasakan ketika memasuki kehidupan Kampung Naga, Tasikmalaya, Jawa Barat. Masyarakat Kampung Naga hidup dalam kedamaian, tidak ngotot mengejar harta.
Cuplikan yang merupakan kelanjutan langsung dari wacana di atas adalah ….
A.    Luas Kampung Naga sekitar 1,5 Ha atau 11,5 Ha jika di dalamnya termasuk perkampungan dan sawah ladang penduduk
B.     Suasana kegotongroyongan yang melekat pada setiap warganya akan membuat kita betah untuk berlama-lama tinggal di sana, ditambah dengan keramahan penduduknya sewaktu menerima tamu yang datang
C.     Jumlah rumah yang ada di Kampung Naga 102 buah ditambah masjid, patemon atau balai pertemuan, dan sebuah lumbung padi atau leuit. Jadi, jumlah seluruhnya 105 bangunan
D.    Jalan memasuki kawasan Kampung Naga tidak terlampau sulit. Dari terminal bus Tasikmalaya, kita meneruskan perjalanan ke Neglasari menuju Kampung Rancak dengan mobil omprengan yang biasa mangkal di terminal
E.     Kampung Naga terletak di sebuah lembah yang subur di timur laut Provinsi Jawa barat. Kampung itu berada pada ketinggian 448 meter di atas permukaan laut, tepatnya di antara Kabupaten Garut dan Tasikmalaya atau sekitar 95 km dari ibu kota provinsi, Bandung.
52.  Warga Kampung Naga sendiri berbeda dengan warga Suku Badui. Warga Kampung Naga tidak terlalu mengikatkan dirinya pada adat istiadat leluhur mereka. Mereka tidak terlalu menutup diri terhadap perkembangan zaman. Mereka mengenal radio, kamera, dan barang elektronik lainnya (walau masih sederhana). Komunikasi mereka dengan menggunakan bahasa Indonesia memang belum lancar, kalau ngobrol, mereka suka menyelinginya dengan bahasa Sunda.

Cuplikan laporan pengamatan di atas mengemukakan tentang …
A.    Warga Kampung Naga yang ekslusif
B.     Warga Kampung Naga yang terbuka
C.     Warga Kampung Naga yang sederhana
D.    Warga Kampung Naga yang bersifat tradisional
E.     Warga Kampung Naga yang masih buta bahasa Indonesia
53.  Pelajaran baru akan dimulai sejam lagi. Namun, Senin pecan lalu itu siswa kelas enam Sekolah Dasar Negeri II di Banyumas, Jawa Tengah, sudah berdatangan. Tas masih menjadi barang mewah bagi anak-anak petani itu. Kebanyakan buku tulis mereka dijinjing telanjang, masih lumayang kalau ada yang membawanya dalam tas plastik. Adapun baju putih mereka sudah kehilangan sinarnya.
Cuplikan di atas melaporkan ….
A.    Kondisi bangunan SDN Kecila II
B.     Kondisi para siswa SDN Kecila II
C.     Kesederhanaan para siswa di daerah
D.    Kemiskinan di daerah Banyumas, Jawa Tengah
E.     Mahalnya biaya pendidikan yang dirasakan penduduk desa
54.  Pelajaran dimulai tepat pukul tujuh. Permainan berikutnya dimulai. Mohammad Durori, 36 tahun, guru kelas enam, memberi kesempatan siswa yang datang paling pagi memberi pertanyaan kepada siswa di nomor urutan kedua. Pertanyaan seputar pelajaran yang diberikan hari sebelumnya. Setelah berhasil menjawab pertanyaan itu, siswa ke-30, kehilangan haknya untuk bertanya. Setelah itu, pelajaran dimulai seperti biasa.
Pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam cuplikan di atas adalah ….
A.    Bagaimana proses belajar yang dilakukan Mohammad Durori?
B.     Mengapa siswa ke-30 kehilangan haknya untuk bertanya?
C.     Siapakah siswa yang paling pandai di sekolah itu?
D.    Kapan Mohammad Durori mulai mengajar?
E.     Berapa jumlah siswa Mohammad Durori?
55.  Paragraph yang menyatakan hasil suatu pengamatan adalah …
A.    Laki-laki itu tampak mengibas-ngibas sapu tangan karena kegerahan, menuju ke sebuah kursi. Belum sampai ia duduk, istrinya bangkit menuju jendela, sambil melirik suaminya yang kegerahan
B.     Berbagai pikiran berkecamuk dalam benakku selama hari-hari sulit menyusul kematian mendadak ayahku pada bulan Februari 1989. Aku merasa tidak nyaman dan malu karena belum berhasil menemukan benda pribadi untuk dibawakan pada ayah. Benda apa yang mempunyai makna bagi ayah dan bagiku?
C.     Kebijakan pembangunan di bidang pendidikan dalam Pelita VI diarahkan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) sejalan dengan cita-cita untuk memasuki era tinggal landas. Peningkatan mutu SDM juga sangat penting dalam rangka menghadapi era globalisasi antarbangsa dan Negara.
D.    Dalam era globalisasi ini, kita dituntut untuk mampu menghadapi segala tantangan dan rintangan. Era globalisasi merupakan suatu era yang sukar untuk diantisipasi, suatu era yang akan membuat kita pusing dengan berbagai masalah. Karena itu, saat ini timbul penyakit yang mengganggu masyarakat kita, yaitu stress.
E.     Hati nuranimu? Tidak mungkin! Hati nuranimu akan membisikkan kasih kodrati seorang anak kepada orang tuanya! Tidak mungkin dari hati nuranimu! (suaranya merendah penuh tekanan) Suhita berterus-teranglah engkau. Adakah seseorang yang dating padamu dan menceritakan sesuatu yang buruk, yang membuat engkau tiba-tiba jadi berubah sifat dan pandangamu? Terus teranglah, anakku. Jawablah Suhita
56.  Sumber tema untuk penyusunan karya tulis yang paling mudah digali adalah …
A.    Pengamatan                 D. daya khayal                        E. buku ilmiah
B.     Pengalaman                 C. imajinasi
57.  Ada dua tantangan yang akan dihadapi dalam pelayanan kesehatan di Indonesia, yaitu jumlah penduduk yang besar dan mutu pelayanan.
Berdasarkan masalah di atas, judul karya tulis yang sesuai adalah …
A.    Pembangunan Bidang Kesehatan Masyarakat
B.     Peningkatan Mutu dan Pelayanan Kesehatan
C.     Tantangan bagi Dunia Kesehatan di Indonesia
D.    Pembangunan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
E.     Perlunya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
58.  1.   Keuntungan berhemat                         3. Fungsi energy
a.       Menghemat biaya                          a. sebagai penerangan
b.      Pemerataan pemakaian                  b. untuk kepentingan rumah tangga
c.       Membantu penyediaan listrik
2. Alasan menghemat energy
     a. energy listrik
     b. banyak yang memerlukan
     c. pertimbangan biaya

Susunan kerangka karangan di atas yang tepat adalah …
A.    1-2-3               B. 2-1-3                       C. 3-1-2           D. 3-2-1           E. 2-3-1
59.  Bagaimana hasil yang berbeda itu bisa diartikan? Ada dua kemungkinan. Pertama, proses pembuatan obat tidak bagus sehingga kandungan zat kimia sintetis tidak merata. Kemungkinan kedua, obat tersebut memang sama sekali  tidak mengandung zat seperti yang tercantum dalam label. Kemungkinan-kemungkinan tersebut kemudian kami pastikan kebenarannya dengan meminta informasi kepada prosedurnya. Sayangnya, karena banyak sebab, tak semua informasi bisa kami peroleh.
Penggalan laporan di atas harus ditempatkan pada bagian….
A.    Latar belakang penelitian        C. metode penelitian   E. kesimpulan
B.     Tujuan penelitian                     D. analisis hasil penelitian
60.  Pengujian yang kami lakukan terdiri atas dua tahap. Pertama, menggunakan metode kromatografi dengan tujuan memisahkan zat kimia berdasarkan kepekaan warna; dan metode spektrofotometri untuk tujuan memisahkan zat kimia berdasarkan kepekaan sinar. Tahap kedua dilakukan dengan metode spektofotometri ultraviolet dengan kadar ketelitian yang lebih tinggi.
Bagian laporan tersebut mengungkapkan …
A.    Langkah-langkah penelitian                D. masalah penelitian
B.     Sampel penelitian                                E. analisis data
C.     Objek penelitian
61.  Yang patut disadari dari hal di atas ini, apa pun yang hendak kita katakan tentang berbahasa, sebenarnya ujung-ujungnya terletak pada proses komunikasi. Kita tahu, yang disebut komunikasi itu adalah suatu proses yang membuat informasi individu diubah melalui system symbol, tanda, atau perilaku yang umum. Di dalam proses komunikasi itu sendiri, selalu hadir pihak-pihak: (1) pengirim pesan; (2) penerima pesan; dan (3) pesan atau informasi yang dikomunikasikan (dalam wujud bahasa)
Ungkapan menarik yang dinyatakan dalam paragraph itu bahwa …
A.    Proses komunikasi melibatkan banyak pihak
B.     Proses komunikasi harus menggunakan bahasa yang baik dan benar
C.     Bahasa Indonesia perlu digunakan oleh berbagai pihak dalam berkomunikasi
D.    Pesan-pesan yang disampaikan dalam berkomunikasi harus dipahami orang lain
E.     Setiap proses komunikasi pasti mengandung informasi atau pesan-pesan tertentu
62.  (1) Sebuah papan menyebutkan jumlah kecelakaan lalu lintas berikut jumlah korban luka-luka dan meninggal. (2) Papan itu dipasang pengelola jalan tol di beberapa tempat. (3) Angka-angka di papan itu setiap bulannya selalu berubah, yang menunjukkan perkembangan jumlah kecelakaan berikut korbannya. (4) Papan itu kurang mendapat perhatian para pengguna jalan. (5) Sepertinya tak ada makna apa pun di balik pencantuman data-data itu di pinggir jalan tol.
Ungkapan penting dalam penggal wacana di atas dinyatakan dengan kalimat nomor..
A.    (1)        B. (2)               C. (3)               D. (4)               E. (5)
63.  Jika menyebutkan angka yang terlalu tinggi, perusahaan mungkin akan mengurungkan niatnya untuk merekrut si pencari kerja tersebut. Sebaliknya, bila jumlah yang diminta terlalu rendah, pencari kerjalah yang akam bingung. Cara yang terbaik adalah mengetahui tingkat gaji standar untuk jabatan tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan.
Pernyataan berikut tidak terdapat dalam teks di atas …
A.    Setiap perusahaan akan mencari tenaga kerja yang meminta gaji tidak terlalu tinggi
B.     Calon karyawan harus mengetahui standar gaji dari perusahaan yang dilamarnya
C.     Perusahaan tidak akan memilih calon karyawan yang mematok gaji tinggi
D.    Pencari kerja akan dilematis bila ia menetapkan gaji yang rendah
E.     Standar gaji sangat penting untuk setiap perusahaan
64.  Untuk menangani proyek pembangunan di DIY yang akan menjadi bidang garapan rekanan anggota Gapensi dengan nilai Rp. 3 miliar ke bawah, para Pimpro hendaknya mengutamakan rekanan dari DIY. Hal ini dalam rangka mengamankan kesepakatan yang dibuat oleh pengurus Gapensi Provinsi se-Jawa. Kalau ada rekanan dari luar DIY yang nekat mendaftar dan ikut tender untuk proyek di DIY, PImpo hendaknya bisa memprioritaskan pemenangnya pada rekanan DIY.
Berdasarkan pengalaman berita di atas, pesan penting yang terkandung di dalamnya adalah…..
A.    Proyek pembangunan di DIY sedang digalakkan
B.     Gapensi menggarap bidang garapan rekanan anggota Gapensi
C.     Gapensi mengamankan kesepakatan yang dibuat oleh Pengurus Gapensi se-Jawa
D.    Proyek pembangunan di DIY akan menjadi bidang garapan rekanan anggota Gapensi
E.     Pra Pimpro hendaknya mengutamakan rekanan dari DIY dalam menangani proyek pembangunan di DIY
65.  Untuk meneliti tingkat perkembangan produksi kerajinan bamboo di Pulau Lombok, maka kita harus melakukannya dengan cara ….
A.    Eksperimen                                         D. mencatat jumlah angka penjualan
B.     Observasi terhadap wisatawan           E. mendata banyaknya pengrajin
C.     Mewawancarai para pengrajinnya
66.  II. Urutan Kerja
1.      Beri nomor pada setiap botol: I, II, II, dan IV
2.      Isi setiap botol dengan larutan Bromtimol biru
3.      Botol I diisi dengan tumbuhan air
Botol II diisi dengan tumbuhan air dan siput
Botol III diisi dengan siput saja
Botol IV dibiarkan seperti semua
Penggalan teks di atas merupakan bagian dari sebuah karya tulis yang berupa …
A.    Laporan kegiatan                                D. Laporan percobaan
B.     Laporan penelitian lapangan               E. laporan wawancara
C.     Resep
67.  Urutan bagian-bagian laporan penelitian yang menggambarkan sistematika yang benar adalah ….
A.    Judul – bab pendahuluan – kata pengantar – daftar isi – bab penutup – kesimpulan
B.     Judul – kata pengantar – daftar isi – bab pendahuluan – bab pembahasan – bab penutup
C.     Judul – kata pengantar – latar belakang isi – bab pendahuluan – bab pembahasan – bab penutup
D.    Judul – daftar isi – kata pengantar – bab pendahuluan – bab pembahasan – kesimpilan
E.     Judul – daftar isi – bab pendahuluan – bab pembahasan – bab penutup – kesimpulan
68.  Jika gejala pemanasan global tidak dihentikan, tidak bisa dimungkiri dalam jangka panjang bumi akan berkembang seperti Mars. Lautan dan kehidupannya di bumi menjadi lenyap. Yang lebih parah berkembang layaknya Venus, planet ini terkurung dalam lapisan tebal CO2.
Pertanyaan yang merupakan tanggapan dari uraian di atas adalah …
A.    Apakah Co2 berbahaya bagi kehidupan manusia?
B.     Mengapa  di Venus dan Mars itu tidak ada kehidupan?
C.     Mengapa permukaan Venus banyak dilapisi oleh CO2?
D.    Berapa waktu lamanya perubahan di Venus dan di Mars itu terjadi?
E.     Apa yang harus kita lakukan agar keadaan seperti di Mars dan Venus itu tidak teralami oleh bumi?
69.  Penggunaan insektisida masih dominan dalam pengendalian hama perusak polong. Dengan adanya insektisida efektif dapat ditujukan di areal tanaman perangkap sehingga mampu mengurangi pemakaian insektisida. Insektisida efektif bagi perusak polong adalah yang berbahan aktif endosulfan, deltametrin, klorpirifos, monokrotofos, dan triazofos.
Kalimat yang sesuai dengan cuplikan di atas adalah ….
A.    Insektisida dapat mengendalikan hama perusak polong
B.     Areal tanaman perangkap dapat dibasmi dengan insektisida
C.     Penggunaan insektisida efektif harus dimasyarakatkan
D.    Perusak polong dapat dibasmi dengan insektisida berbahan kimia
E.     Semua tanaman dapat dibasmi dengan insektisida aktif
70.  Secara lebih khusus, penelitian ini menyajikan informasi mengenai keberadaan pekerja anak di perkebunan tembakau dan dinamikanya serta mengangkat persoalan yang dihadapi pekerja anak dari sisi pandang anak. Penelitian ini juga mencoba mengungkapkan bagaimana pekerja anak menanggapi situasi yang berkaitan dengan pekerjaan dan pendidikannya.
Saran yang berkaitan langsung dengan penggalan laporan penelitian di atas adalah…
A.    Sebaiknya laporan Anda itu dilengkapi dengan penjelasan tentang jumlah pekerja anak yang ada di perkebunan tembakau itu
B.     Para pekerja yang masih anak-anak itu sebaiknya kita bantu agar mereka masih bias sempat menikmati bangku sekolah
C.     Saya kira kehidupan mereka tidak sekadar menjadi objek penelitian, mereka pun harus kita bantu agar kehidupannya lebih baik
D.    Tembakau memang merupakan produk unggulan di daerah sini, karena itu produksinya harus ditingkatkan, misalnya dengan menambah jumlah para pekerjanya
E.     Penelitian harus banyak dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja merek agar hasilnya bias lebih baik
71.  Teknik survey yang kami lakukan untuk mengetahui mutu dan keamanan obat-obatan alternative itu. Jenis obat-obatan yang kami survey adalah yang dipergunakan untuk penyakit-penyakit yang membutuhkan pengobatan rutin dan jangka panjang, seperti hipertensi, diabetes mellitus atau kencing manis, dan rematik. Kami menambahkan pula jamu-jamuan untuk pelangsing tubuh.
Tanggapan yang sesuai dengan laporan hasil penelitian di atas adalah ….
A.    Teknik survey saya tidak akan cukup untuk memperoleh data tentang mutu dan keamanan obat-obatan itu, perlu ada teknik tambahan, misalnya wawancara ataupun observasi
B.     Jamu-jamuan merupakan jenis obat alternative yang memang sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, akan tetapi keberadaannya memang perlu diteliti
C.     Banyak sekali ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti yang telah saudara sebutkan itu, tetapi apakah ada jenis penyakit lainnya yang membahayakan?
D.    Selain yang telah Anda sebutkan itu, masih banyak jenis obat yang perlu disurvey untuk mengetahui mutu dan keamanannya bagi masyarakat pemakainya
E.     Banyak penyakit yang memang tidak bisa sembuh hanya dengan menggunakan obat-obatan modern, akan tetapi kesembuhannya justru datang dari obat-obat alternatif
72.  Sementara itu, suara burung berkicau merdu, di ufuk timur surya pun bangun dari tidurnya. Pagi terkuak, mengawali aktivitas penduduk Mentawai. Para lelaki siap berburu ke hutan mencari nafkah, sementara kaum perempuan bersiap ke ladang merawat tanaman keladinya. Itulah sebagian gambaran kehidupan penduduk asli Mentawai sehari-hari.
Hal yang dikemukakan dalam laporan perjalanan di atas adalah tentang …..
A.    Kisah menarik di Mentawai         D. kesan-kesan selama melakukan pengamatan
B.     Keadaan penduduk Mentawai    E. gambaran kehidupan penduduk Mentawai
C.     Perjalanan menuju daerah Mentawai
73.  Berburu dan berladang keladi memang merupakan mata pencaharian penduduk asli Mentawai. Selain itu, ada juga yang menangkap ikan, meramu hasil hutan, dan mengusahakan sagu sebagai makanan pokok mereka. Dalam melakukan semua itu, orang Mentawai harus minta izin dulu. Orang Mentawai percaya hewan, tumbuhan air, batu, hingga pelangi mempunyai jiwa, sama seperti manusia. Kepercayaan yang sekaligus menjadi agama mereka itu, disebut arat bulungan dan Tuhan mereka disebut Sabulungan.
Topic utama yang dikemukakan penggalan laporan pengamatan di atas adalah …
A.    Suasana di daerah Mentawai
B.     Kebiasaan penduduk Mentawai sehari-hari
C.     Mata pencaharian penduduk asli Mentawai
D.    Cara bekerja dan cara beribadah orang Mentawai asli
E.     Mata pencaharian dan kepercayaan penduduk asli Mentawai
74.  Perbedaan isi laporan kegiatan ditentukan oleh hal-hal berikut, kecuali ….
A.    Jenis kegiatan              C. tujuan kegiatan                   E. bentuk kesimpulan
B.     Prosedur kegiatan       D. waktu dan tempat kegiatan
75.  Laporan pegamatan perlu mengemukakan hal-hal berikut, kecuali….
A.    Tujuan pengamatan                 C. objek yang diamali                         E. peserta kegiatan
B.     Lamanya pengamatan             D. metode pengamatan          
76.  Sebagian besar penduduk masih mengumpul di Pulau Jawa. Dari sensus penduduk 1990 diketahui bahwa 60% penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa yang luasnya hanya sekitar 7% dari seluruh wilayah daratan Indonesia. Adapun Kalimantan yang memiliki luas 28% luas total hanya berpenghuni sekitar 5% penduduk. Ketimpangan ini menyebabkan ketimpangan dalam kepadatan penduduk. Kepadatan penduduk di Pulau Jawa mencapai 814 orang per kilometer, sedangkan di Maluku dan Irian Jaya hanya tujuh orang. Dari data itu, jelaslah bahwa persebaran penduduk Indonesia belum merata..
Cuplikan laporan di atas mengemukakan ….
A.    Jumlah penduduk        C. penyebaran penduduk        E. kualitas penduduk
B.     Komposisi penduduk  D. pertumbuhan penduduk
77.  Penduduk usia kerja merupakan penduduk yang telah berusia 10 tahun ke atas. Dari tahun 1988 s/d 1993 secara umum tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) Indonesia berkisar antara 57%. Pada tahun 1993 tingkat partisipasi yang teringgi terdapat di Provinsi Bali (68,2%) dan yang terendah terdapat di DKI Jakarta (44,5%)
Dalam laporan penelitian, penggalan wacana di atas biasanya terdapat dalam bagian…
A.    Latar belakang                        C. metode                   E. saran
B.     Tujuan                                     D. pembahasan
78.  Judul yang tepat untuk laporan kegiatan adalah ….
A.    Proses Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan
B.     Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi
C.     Seminar di Universitas Pendidikan Indonesia
D.    Kelebihan dan Kelemahan Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia
E.     Seminar Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kompetensi
79.  Ciri-ciri laporan penelitian yang baik adalah, kecuali……
A.    Memilik kepaduan argument
B.     Data yang dikemukakannya akurat
C.     Menggunakan bahasa yang lugas
D.    Disajikan dalam bentuk makalah
E.     Mengemukakan kesimpulan yang jelas
80.  Hujan deras yang terjadi setiap hari menyebabkan banjir di kampung kita. Hal ini merupakan pelajaran bahwa betapa pentingnya kita melestarikan alam. Kita jaga lingkungan dengan membuah sampah pada tempatnya.
Tujuan yang disampaikan dari uraian di atas adalah …
A.    Agar menjaga lingkungan                   D. menjelaskan penyebab banjir
B.     Hujan deras menyebabkan banjir        E. hujan deras terjadi setiap hari
C.     Pentingnya melestarikan alam
81.  Pelantikan George W. Bush sebagai presiden Amerika Serikat yang ke-43, bukan sekadar acara seremonial berupa pengambilan sumpah, yang dilakukan Sabtu, 20 Januari waktu setempat. Lebih dari itu, peristiwa pengangkatan George W. Bush sebagai presiden AS, dimanfaatkan sebagai ajang pesta yang melibatkan selebriti Amerika. Tidak tanggung-tanggung, selana empat hari sejak Kamis (18/1) hingga Minggu (21/1), digelar sebagai acara. Mulai pesta dansa hingga konser music, untuk memeriahkan upacara pelantikan Bush. Panitia  yang mempersiapkan rangkaian acara ini, menganggap ajang ini sebagai pestanya rakyat Amerika.
Uraian di atas pada intinya melaporkan …
A.    Suasana pelantikan George W. bush
B.     Persiapan pelaksanaan pelantikan George W. Bush
C.     Kesibukan panitia pelantikan George W. Bush
D.    Keberhasilan George W. Bush sebagai presiden Amerika
E.     Meriahnya sambutan rakyat Amerika terhadap pelantikan George W. Bush
82.  Kalimat yang menyatakan laporan hasil diskusi …
A.     Diskusi ini diharapkan dapat diikuti oleh peserta dari berbagai daerah
B.     Saudara pemandu, kami menyarankan agar diskusi ini waktunya diskor dulu
C.     Kami (Panitia) menyarankan agar para peserta diskusi ini dapat mengikuti dengan saksama
D.    Berdasarkan hasil diskusi tersebut, para peserta menyarankan agar minat baca hendaknya ditanamkan pada anak sejak kecil
E.     Tujuan diskusi ini agar para generasi muda dapat memahami nilai-nilai kehidupan  yang terjadi di masyarakat
83.  Laporan diskusi hendaknya memenuhi syarat-syarat berikut, kecuali….
A.    Objektif
B.     Lengkap
C.     Taat asas
D.    Jelas
E.     Berimbang
84.  Hal-hal yang penting dikemukakan dalam laporan diskusi adalah, kecuali ….
A.    Tanggalan-tanggapan peserta
B.     Persetujuan pimpinan rapat
C.     Kesimpulan
D.    Saran-saran
E.     Tindak lanjut
85.  Pembina OSIS mengusulkan perlunya pembentukan panitia peringatan hari Pahlawan, yang anggotanya adalah para siswa dari setiap kelas.
Dalam laporan diskusi, pernyataan tersebut termasuk ke dalam ….
A.    Materi pembahasan
B.     Usulan peserta rapat
C.     Pokok masalah rapat
D.    Kesimpulan rapat
E.     Keputusan rapat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar